Ciri Ciri Keputihan Yang Tidak Normal

Ciri ciri keputihan yang tidak normal adalah lendir kental, berwarna kuning atau kecokelatan, berbau busuk dan gatal. keputihan merupakan gejala keluarnya cairan dari vagina selain darah haid. Banyak wanita yang mengalaminya, tetapi sering terabaikan karena kurangnya informasi tentang keputihan ini.

Ciri Ciri Keputihan Yang Tidak Normal

Ciri Ciri Keputihan Yang Tidak Normal

CIRI CIRI KEPUTIHAN TIDAK NORMAL

Ciri Ciri Keputihan Yang Tidak Normal adalah jumlahnya banyak, warnanya putih seperti susu basi, kuning atau kehijauan disertai rasa gatal atau pedih, terkadang berbau amis atau busuk.

Keputihan menjadi salah satu tanda atau gejala adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut dapat berupa infeksi, polip leher rahim, keganasan (tumor dan kanker) serta adanya benda asing. Namun, tidak semua infeksi pada saluran reproduksi wanita memberikan gejala keputihan. keputihan dapat disebabkan oleh adanya jamur candida albicans. Gejalanya adalah keputihan berwarna putih susu, bergumpal seperti susu basi, disertai rasa gatal dan kemerahan pada kelamin dan disekitarnya.

Pada keadaan normal, jamur ini terdapat di kulit maupun dalam liang kemaluan wanita. Namun, pada keadaan tertentu jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan. Terjadinya keputihan pada vagina wanita dewasa tedapat bakteri yang baik yangdisebut dengan basil doderlein. Dalam keadaan normal jumlah basil ini cukup dominan dan membuat lingkungan vagina bersifat asam sehingga vagina mempunyai daya proteksi yang cukup kuat.

Ciri ciri keputihan yang tidak normal dan cukup serius adalah :

  • Keluarnya ciran berlebihan sperti menstruasi
  • Cairannya kental dan berbau busuk
  • Berwarna kuning hingga kehijauan
  • Menimbulkan rasa gatal di sekitar vagina
  • Muncul rasa panas pada vagina

Keputihan tidak normal dapat disembuhkan dengan obat medis dan tanaman herbal seperti kunci pepet, daun sirih, temu putih, kunyit, temulawak dan daun dewa.

PENYEBAB KEPUTIHAN

Penyebab keputihan tidak normal adalah :

  1. Ingeksi yang terjadi yang disebabkan karena serangan bakteri, jamur, serta protozoa
  2. Keganasan akibat penyakit kanker leher rahim atau penyakit kanker servik
  3. Benda asing masuk ke dalam vagina, misalnya adalah kondom yang tertinggal.

Keputihan pada wanita harus diatasi sejak dini, karena jika tidak diatasi maka akan menimbulkan gejala yang semakin berbahaya. Karena jika keputihan wanita sudah terjadi dengan kronis dan sudah berlangsung dalam waktu yang lama maka akan semakin susah diobati. Selain itu juga, jika penyakit keputihan didiamkan saja maka bisa merembet menuju ke organ rahim dan akan menuju ke saluran indung telur dan pada akhirnya akan masuk ke dalam rongga pngguk. Banyak wanita yang mengalami masalah keputihan selama bertahun-tahun dan pada akhirnya menjadi mandul atau mengalami masalah kehamilan di luar kandungan.

Kehamilan di luar kandungan atau kehamilan ektopik, selain mengalami kehamilan di luar kandungan, wanita juga akan mengalami pendarahan dan pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada ibu. Hal inilah yang harus diwaspadai sejak dini, keputihan merupakan gejala awal dari terjadiinya penyakit kanker leher rahim. Jadi sebaiknya Anda jangan terlambat untuk mengetahui dengan benar apa yang menyebabkan penyakit keputihan pada wanita. Yang pasti sebaiknya jangan menganggap bahwa keputihan merupakan suatu masalah yang kecil.

CARA MENGATASI KEPUTIHAN

Dibawah ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai keputihan pada wanita adalah :

  1. Cara membilas vagina yang baik dan benar, misalnya adalah setelah buang air besar atau saat sedang buang air kecil sebaiknya cara membilasnya dari arah depan ke arah belakang.
  2. Keputihan normal atau keputihan fisiologis cir-cirinya adalah lendir yang bening, tidak menyebabkan gatal dan juga tidak berbau.
  3. Keputihan tidak normal adalah warna lendir yang berwarna tidak bening namun putih misalnya seperti kepala susu, bisa juga berwarna kehijauan dan juga kecokelatan, bahkan bisa sampai berwarna merah karena tercampur dengan darah. Selain itu, ciri-ciri keputihan tidak normal adalah rasa gatal dan juga bau yang kurang sedap.

Cara mencegah keputihan pada wanita adalah :

  1. Jagalah kebersihan pada saluran vagina Anda
  2. Bilaslah vagina dengan cara yang benar dan tepat seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  3. Jangan tukar-tukaran celana dalam
  4. Jangan menggunakan handuk yang bersamaan
  5. Lebih hati-hati dalam menggunakan toilet umum
  6. Menerapkan pola hidup yang sehat, mendapatkan waktu tidur yang cukup, melakukan olahraga dengan teratur dan mengonsumsi jenis makanan yang seimbang nutrisi dan gizinya.
  7. Hindarilah bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual
  8. Untuk wanita yang sudah menikah dan sudah melakukan hubungan suami istri, maka sebaiknya melakukan papsmear untuk bisa mendeteksi penyebab sel-sel yang ada di dalam mulut dan juga leher rahim.

Itulah informasi mengenai ciri-ciri keputihan yang tidak normal dan cara mencegah keputihan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Ciri Ciri Keputihan Yang Tidak Normal


=====================================

>>> Obat Alami Keputihan Untuk Mengatasi Keputihan dan Mengobati Keputihan Pada Wanita, Menguatkan Otot-Otot Vagina dan Rahim, Mengurangi Lendir Yang Berlebihan Serta Membuat Aroma Wangi Pada Organ Intim Wanita, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Ciri-Ciri Keputihan, Keputihan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *